Perlengkapan MP-ASI Part 1; Baby Food Maker atau Baby Processor

Satu bulan sebelum Ifa resmi memasuki fase MP-ASI, aku sudah mulai berburu perlengkapan perang untuk MP-ASI. Kira-kira apa saja ya yang perlu dipersiapkan? Yang pasti perlengkapan untuk membuat MP-ASI. Masa awal MP-ASI menu Ifa akan didominasi oleh banyak makanan dengan tekstur halus atau puree oleh karena itu aku sempat berniat untuk membeli blender baru. Pencarian dimulai, berbagai macam blender mulai aku lirik dari blender biasa, baby blender sampai hand blender. Satu set baby blander atau hand blender akan sepertinya menjadi pilihan yang lebih baik karena ukuran kapasitas blender yang tidak terlalu besar sehingga efektif untuk membuat MP-ASI dalam jumlah takaran makan bayi. Nah, saat itu aku tertarik untuk menambah koleksi MP-ASI Ifa dengan satu set baby blander keluaran Takahi.

Saat sudah yakin mau membeli dan sudah menemukan hari baik untuk transaksi, muncullah sebuah kotak yang berisi seperangkat food baby maker alias food processor yang dibawa oleh pendekar jagoan dan akhirnya transaksi baby blender tertunda hahaha. Alasan pendekar jagoan untuk menunda membeli baby blender karena fase MP-ASI yang berupa bubur atau puree ini tidak lama jadi ada baiknya apabila aku mencoba dulu menggunakan baby food maker yang sudah tersedia sebelum memutuskan membeli baby blender.

Kotak berisi set baby food maker keluaran Pigeon ini merupakan hadiah atas kelahiran Ifa dari teman kantorku. Pendekar jagoan menemukannya diantara banyaknya kotak  sewaktu ia mencicil merapikan barang-barang di gudang yang masih berantakan sejak pindah rumah beberapa bulan yang lalu.

Pigeon Baby Food Maker (Minus Parutan)

Satu set Pigeon baby food maker atau food processor ini terdiri dari mangkok, ulekan, saringan, parutan dan perasan jeruk (untuk parutan aku ganti dengan parutan keju yang dibeli terpisah karena terasa lebih nyaman saja saat aku pakai). Bahan perangkat baby food maker ini terbuat dari plastik yang kuat dan kokoh, pastinya aman karena sudah BPA free. Khusus ulekannya terbuat dari kayu dengan tekstur permukaan kayu yang halus dan efektif untuk menghancurkan sayur atau buah yang sudah direbus atau dikukus. Saat tidak digunakan, perangkat ini dapat ditumpuk seperti layaknya mainan susun sehingga sangat ringkas penyimpanannya. Kapasitasnya pun sudah pas tidak terlalu besar atau kecil, diawal MP-ASI bisa digunakan untuk 2-3 kali makan bayi, tetapi aku biasa mengolah makanan Ifa ketika hendak disajikan.

Dari sisi penggunaan memang terlihat sangat manual sekali dan aku sempat tidak yakin ini akan menjadi mudah. Tetapi, karena pendekar jagoan sudah bertitah maka percobaan dilanjutkan.

First time MP-ASI Ifa, gasol dicampur puree alpukat berhasil diolah dengan baik menggunakan saringan kawat dan sendok. MP-ASI berikutnya, butternut pumpkin kukus plus ASI juga berhasil disajikan setelah disaring dengan saringan kawat dan dibantu dengan sendok. Selanjutnya, berbagai olahan MP-ASI Ifa, olahan ubi, buah naga, apel/pir kukus, pepaya, sayur-sayuran seperti lobak, buncis dan lainnya menjadi mudah diolah dengan pigeon baby food maker ini.

Sampai suatu hari saat kita bertiga akan melakukan perjalanan keluar kota lagi, dengan bayi yang masih MP-ASI, aku tidak merasakan kerepotan membawa satu set baby food maker ini. Oma Ifa juga ternyata lebih suka menggunakan cara lama yaitu saringan kawat dan perasan jeruk manual untuk membuat makanan Ifa. Aku bahkan akhirnya mengandalkan saringan untuk menghaluskan bubur tim. Tidak sesulit yang dibayangkan. Dengan demikian, rencana pembelian baby blander resmi dibatalkan. Thanks to pendekar jagoan yang sudah membuat isterinya berhemat hahaha.

 

Leave a Reply