First Time; MP-ASI ala Ifa

Setelah perjuangan ASI selama 6 bulan, aku sudah tidak sabar ingin meresmikan suapan pertama MP-ASI Ifa. Setelah selesai hunting perlengkapan untuk MP-ASI, saatnya semua perlengkapan tesebut diberdayakan! Tepat usia Ifa 6 bulan 7 hari, menunggu ayah dan bunda libur kerja, akhirnya Ifa akan mendapatkan makanan pertamanya.

Pilihan menu pertama Ifa adalah gasol beras merah yang dicampur ASI. Kenapa gasol? Setelah puas mencari informasi akhirnya aku mantap memilih gasol karena kandungannya berupa beras yang dihaluskan tanpa pemanis dan bukan termasuk golongan makanan instant.

Bubur Beras Merah Gasol

Sebanyak 20gr gasol beras merah dimasak bersama dengan air masak. Selama dimasak diusahakan gasol tetap diaduk agar bagian bawah tidak gosong. Tekstur gasol yang hampir matang akan seperti bubur kental yang mengeluarkan bau pandan wangi. Setelah matang, bubur gasol didinginkan terlebih dahulu. Saat akan disajikan, tambahkan ASI secukupnya.

Gasol, Ifa First MP-ASI

First Time Ifa Makan Bubur Beras Merah Gasol

Suapan pertama yang berhasil masuk ke mulut Ifa. Mulut mungilnya mengecap-ngecap, mukanya mengerenyit dan tak lama kemudian Ifa tersenyum manis (duh bikin hati bunda nya meleleh ha ha ha). Selanjutnya, beberapa sendok bubur gasol menyusul masuk. Lumayanlah buat percobaan pertama, setengah mangkok penuh berukuran 125ml habis.

Gasol yang sudah dimasak bisa digunakan untuk 2-3 kali makan. Butuh banyak penyesuaian untuk mulai mengatur porsi makanan saat masak karena akan lebih baik apabila makanan Ifa dibuat saat akan disajikan. Awal-awal aku belum terlalu bisa mengukur jumlah makanan akibatnya MP-ASI nya bersisa dan akhirnya aku yang menghabiskan. Bubur gasol terasa seperti nasi, sama sekali tidak terasa manis karena memang tidak ada tambahan gula.

Untuk buah, saat pertama MP-ASI, Ifa diperkenalkan dengan alpukat. Alpukat dibuat pure, pembuatannya tidak menggunakan blender, hanya aku keruk dengan sendok lalu digerus atau ditekan-tekan diatas saringan kawat sehingga teksturnya menjadi seperti bubur. Saat disajikan, sama seperti bubur gasol, pure alpukat dicampur dengan ASI. Terkadang untuk memberi rasa yang sedikit berbeda, aku mencampur gasol, pure alpukat dan ASI menjadi. Ternyata Ifa lebih lahap apabila makan dengan resep perpaduan ini ha ha ha.

Menu bubur gasol beras merah dan asi, aplukat dan ASI atau perpaduan ketiganya aku sajikan untuk Ifa berselang-seling selama seminggu agar Ifa terbiasa dan aku bisa memantau apakah ada makanan yang memicu alergi Ifa. Selanjutnya beresksplorasi dengan makanan lain. Oh ya, diumur 6 bulan ini, aku juga sudah memperkenal air putih ke Ifa. Sekitar satu atau dua sendok air mineral terkadang aku suapkan ke Ifa disela-sela acara makannya. Hayo Ifa mamam yang banyak yaa :-*

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply