Mesayu Tips; Booster ASI

Makanan yang dikonsumsi selama masih dalam masa menyusui akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI. Salah satu rasa syukur dari perjuangan ASI ini adalah aku memiliki alasan untuk untuk lebih menikmati makan banyak hahaha. Nah.. setelah hampir 14 bulan berusaha menjalin hubungan baik dengan ASI dan pernak perniknya, akhirnya aku memiliki daftar booster ASI ala Mesayu. Ini dia makanan dan minuman yang sangat membantu perjuangan ASI untuk Ifa :

  1. Susu Kedelai dan kacang-kacangan. Sejak pulang dari rumah sakit, aku mengkonsumsi susu kedelai sehari dua kali, pagi dan sore hari. Berhubung aku suka dengan susu kedelai jadi minum susu ini dua kali sehari tidak menjadi masalah. Selain susu kedelai, jenis kacang-kacangan jadi cemilan booster ASI pilihanku. Sama seperti susu kedelai, kacang adalah satu satu cemilan favorit. Kalau ditawarin kacang mamak udah nda nolak pastinya.. ibarat kucing dikasih ikan, hayo lah. Jenis kacang seperti almond atau kacang mete menjadi cemilan pilihanku dimasa-masa baru gajian, atau minimal kacang tanah goreng atau kacang kulit menjadi cemilan dimasa menanti gajian @[email protected] Kacang ini katanya baik buat produksi ASI dan ternyata benar lho!
  2.  Sup Iga. Kalau ini suka rada bingung, sop iga nya kudu sop iga yang dijual di Tekko. Kalau sop iga yang lain efeknya kurang dahsyat. Di awal-awal masa menyusui akhirnya duo pendekar ikhlas kalau anggaran biaya makan membengkak untuk makan sop iga Tekko demi ASI untuk Ifa.. mamak makan enyaak ya. Biasanya selang beberapa jam setelah mengkonsumsi sup iga (asal bikinan koki Tekko ya -.-), payudaraku akan kencang karena produksi ASI yang membludak dan bahkan tidak jarang ASI akhirnya menetes membasahi baju eh seriusan lho, bener-bener sampai basah, dan saatnya aku panen ASI. Sup Iganya berubah jadi ASI semua hahaha.
  3. Jus Pare Wortel non gula. Sedikit modifikasi dari resep internet, jus pare. Berdasarkan informasi dunia maya, pare dapat membuat produksi ASI banyak dan lebih kental, sedangkan wortel banyak mengandung vitamin A, beta karoten, serta enzim Phytoestrogens yang dapat memperbanyak ASI. Selanjutnya, biar lebih efisien akhirnya aku berinisiatif membuat jus wortel dan pare jadi satu sekaligus. Satu buah pare dan wortel dicuci bersih selanjutnya blender dengan air secukupnya. Untuk keragaman rasa aku teteskan beberapa air jeruk lemon.  Konsumsi satu gelas jus wortel pare ini aku lakukan 15 menit sebelum makan siang selama 4 bulan pertama setiap hari. Rasanya? Jangan ditanya hahaha, ga ada yang ngalahin… pahitnya! Owh iya, ada beberapa informasi yang menyebutkan kalau pare merupakan obat alami penurun kadar gula darah bagi penderita diabetes, so ada baiknya kalau mau mencoba pastikan kadar gula memang tidak rendah sehingga tidak akan memicu pusing, pandangan kabur, lelah, dan sering lapar. Untuk aku selama mengkonsumsi jus ini alhamdullilah tidak ada efek samping. Bagaimana produksi ASI? kalau lihat hasilnya, akan tersenyum senang, lumayan menambah beberapa garis ml di botol ASIP untuk sekali pompa. Setiap peningkatan adalah alhamdullilah.
  4. Semangka. Buah manis yang banyak kadar air ini menjadi pilihan kilat booster ASI. Semangka sebagai booster ASI tidak sengaja aku coba disaat asik mengkonsumsi potongan-potongan semangka manis di rumah. Efeknya ASI semakin banyak dan deras. Hanya saja semakin banyak semangka yang aku makan (pernah ini sampe serasa kembung karena kebanyakan makan semangka @[email protected]) ASI yang dihasilkan saat pompa memang banyak akan tetapi sedikit encer.
  5. Sayur katu, labu, bayam. Ketiga sayuran yang menjadi makanan wajib yang dimasak secara bergiliran oleh mami tersayang selama tiga bulan. Menu olahnya bisa macam-macam, dibuat sayur bening, dibuat lalap, atau ditumis. Rutinitas makan ketiga jenis sayur ini sudah membuat lidahku jadi terbiasa.
  6. Jus Wortel dan tomat non gula. Masih menggunakan wortel, minuman jus dipagi hari. Satu buah wortel berukuran cukup besar dan dua buah tomat lalu di blend bersama 100 ml air. Hasilnya aku bagi dua untuk pendekar jagoan juga, bukan untuk menghasilkan ASI ya, tapi berusaha hidup sehat aja haha. Minuman ini masih aku konsumsi sampai sekarang.
  7. Air Putih. Selama menyusui aku berusaha mengukur jumlah asupan air yang masuk ke tubuhku. Minimal 10 sampai 12 gelas air sehari!

Khasiat yang diberikan booster ASI berbeda untuk setiap ibu menyusui. Beberapa jenis makanan lain yang dianggap dapat meningkatkan jumlah ASI juga pernah aku coba dan sepertinya kurang efektif buatku, sehingga dapat aku simpulkan bahwa setiap booster ASI memberi hasil yang berbeda ke setiap ibu menyusui. Namun, betapa hebatnya booster ASI tidak akan mampu memberi hasil maksimal jika kita tidak berbahagia, yuk ibu-ibu menyusui usahakan untuk selalu berbahagia apalagi saat menyusui.

baca : Sukses ASI untuk Working Mom

Leave a Reply