MPASI Sushi Ikan Tenggiri

Salah satu kesamaan duo pendekar adalah tidak suka makanan mentah, otomatis untuk sushi tidak menjadi makanan favorit kita. Lho kok sekarang malah buat sushi ya? Ceritanya untuk memperkaya nuansa rasa dan menambah selera makan Ifa jadilah dicari alternatif makanan yang tidak biasa. Akhirnya terpikirlah sushi, bentuknya yan menyerupai roll dengan tampilan yang cantik karena gabungan beberapa warna sudah pasti akan menarik minat Ifa, belum lagi potongan-potongan sushi akan memudahkan Ifa untuk mengkonsumsinya tanpa bantuan sendok.

Persiapan memasak sushi dimulai, bahan-bahan yang diperlukan adalah bahan yang sudah pasti mudah dicari, bergizi serta diolah sampai matang. Kali ini isian utama aku pilih ikan tenggiri.

Persiapan Sushi Ikan Tenggiri

Bahan-bahan :

  1. Potongan ikan tenggiri
  2. Ketimun Jepang
  3. Telur
  4. Alpukat
  5. Gula
  6. Garam
  7. Cuka Beras
  8. Minyak zaitun
  9. Minyak sayur
  10. Nori
  11. Nasi (untuk percobaan pertama ini, nasi dibuat dari beras pandan biasa)

Cara Membuat :

  1. Goreng potongan ikan tenggiri dengan minyak sayur sampai matang lalu cacah menjadi potongan-potongan kecil.
  2. Buat orek telur dengan sedikit minyak zaitun.
  3. Potong ketimun jepang dan alpukan dengan ketebalan yang dapat dikunyah oleh balita.
  4. Masak nasi seperti biasa lalu setelah masak, angkat dan tambahkan sedikit cuka beras kira-kira satu sendok teh untuk 250 gr beras, tambahkan gula dan garam lalu aduk rata.
  5. Siapkan alat penggulung sushi, letakan selembar nori, lalu pipihkan nasi diatas nori. Pada salah satu sisi susun ketimun jepang, alpukat, ikan tenggiri dan telur orek lalu gulung sambil dipadatkan.
  6. Potong gulungan sushi dengan ukuran yang dikehendaki.
  7. Sajikan dengan mayones dan kecap asin

Ternyata membuat sushi tidak mudah, dari hasil percobaan pertama ini akhirnya diketahui bahwa pemilihan beras untuk membuat sushi ini sangat penting. Beras yang aku pakai ternyata sulit untuk menyatu alias kurang pulen sehingga butuh kesabaran ekstra untuk memipihkan nasi diatas nori dan belum lagi menggulungnya. Sebagai antisipasi gulungan sushi hancur saat dipotong akhirnya aku menyusun nori sebagai penggulung dilapisan luar. Next time kita coba untuk menggunakan beras bento atau beras jepang.

Ifa Makan Sushi Tenggiri

Hasilnya gimana? rasa nasinya enak, cuka beras yang awalnya aku takut akan membuat rasa jadi asam atau menimbulkan bau aneh ternyata tidak sama sekali, justru cuka membuat rasa nasi menjadi gurih belum lagi dengan tambahan sedikit gula dan garam, rasanya nasinya jadi lebih enak. Ifa suka? Ifa suka banget walaupun akhirnya gulungan sushinya jadi hancur dan akhirnya antara nasi dan isi dimakan terpisah. Oh ya intuk cocolan mayones dan kecap asin khusus untuk pendekar jagoan ya, sementara Ifa masih belum aku kasih mayones dan kecap asin.

Leave a Reply