Perdana Ifa Batuk Pilek

Perdana Ifa kenalan sama duo batuk pilek aka batpil di usia tujuh bulan. Sama kayak ayah bunda nya tipikal batuk Ifa menyimpan banyak dahak. Tetep strict sama komitmen awal pengobatan Ifa apabila sakit, diusahakan treatment yang dipilih sealami mungkin. Treatment pertama yaitu berjemur di bawah matahari (bahasa kerennya tanning) sama oles transpulmin baby di dada, punggung dan tengkuk leher. Ga ada masalah terlalu yang mengganggu selama Ifa batpil. Ifa juga ga rewel.

Tetapi udah hampir seminggu ini batpil masih doyan aja nempel ama Ifa sampe suatu malam waktu lagi menyusu gayanya Ifa udah kek orang berenang. Sebentar sebentar stop ambil nafas trus baru menyusu lagi. Belum lagi pas bobo malem nafasnya udah via mulut diiringi suara ngrok ngrok dahak (saingan sama suara ngorok ayahnya).

Aroma Terapi untuk Meredakan Batuk Pilek Bayi

Besoknya setelah bertanya ke Om Google, ada beberapa cara pengobatan batpil non obat. Pertama, Madu pilihan pertama ini dicoret karena Ifa belum satu tahun. Kedua, Madu campur jeruk nipis; sama seperti pilihan pertama lebih coret lagi pakek garis dua trus ditebelin. Ketiga, Obat atau cairan pengencer ingus yang dimasukin ke hidung, hasil tanya-tanya grup busui dapet Brand Sterimar sama Breathty; langsung cap forbiden sama ayah Ifa dan ditambah lagi memang ga ada yang jual di apotek sekitaran komplek rumah. Keempat, aroma terapi; saran dari pramuniaga apotek. Pilihan keempat ini dapet anggukan dari ayah Ifa plus Okeeh kita coba aroma terapi Pure Kid Inhalant Decongestant Oil ya, Nak..

Selanjutnya project pengeluaran dahak dan pelegaan pernafasaan Ifa di mulai. Awalnya aku panaskan air minum trus dituangkan ke mug besar (hampir sebesar muka Ifa ^^) plus 12 tetes pure baby (sengaja ga pake baskom supaya fokus uap tepat ke hidung Ifa trus agar mudah dipegang dan mudah dijauhkan dari jangkauan Ifa kalau tiba-tiba Ifa kreatif mau narik-narik benda nyolot yang ada di depan wajahnya).

Setelah persiapan selesai, Ifa aku pangku dan perlahan aku tengkurapkan ke atas paha dengan kondisi kepala lebih rendah dari kaki seperti pesawat kalau mau mendarat. Ayah Ifa bertugas mengarahkan mug sekitar 25cm dari wajah Ifa. Awalnya Ifa seneng-seneng aja dikira mau main mainan, tapi waktu uap pertama kehirup sempurna langsung deh ga pake lama kemudian Ifa nangis, dan nangisnya kenceng banget. Ifa beneran ga suka! Yaah maafin bunda ya, nak. Terkadang harus ga enak dulu buat nikmatin buah yang manis (Ceramah ke anak umur 7 bulan @[email protected]). Lanjut cerita.., Ga lama setelah itu, sambil tetep nangis, ingus mengalir lancar, terakhir batuk sepertinya karena nangis kenceng dan terakhir muntah yang isinya dahak semua (ga tega liatnya).

Setelah selesai muntah. Tangis Ifa perlahan berhenti langsung bobo pules dalam gendonganku. Bahagianya liat Ifa bisa bobo nyenyak. Suara ngrok ngrok nya udah ilaang.. eh eh masih ada dink.. tapi ini suara ngorok ayahnya hahahaha.

Kesimpulannya percobaan aroma terapi okeh. Beli di Januari 2016, Pure Kid Inhalant Decongestant Oil seharga 42 ribu rupiah. Cuma keknya lumayan bikin Ifa trauma kalau liat mug trus diposisiin kek pesawat mendarat muka nya langsung waspada dan gegara kejadian itu bundanya dicuekin, dua hari ga disenyumin.. @[email protected]

Leave a Reply