Perkembangan Bayi Usia 9 Bulan

Ifa 9 Bulan; Makan Siang Selepas Imunisasi

Perkembangan Ifa di Usia 9 Bulan

Bagaimana perkembangan bayi Ifa diusia 9 Bulan? Ifa lebih responsif terhadap sekitar. Keinginan buat mengeksplorasi semakin besar. Keahlian Ifa mengendarai baby walker sudah masuk ke level paling tinggi hahaha (Bunda nya sampe kagum). Ifa pintar ^^. Ifa senang dan bersemangat apabila diajak bermain.

Fisik :

Setelah sakit bulan kemarin, bulan ini Ifa mengejar ketinggalan berat badan. Perlahan berat Ifa semakin membaik. Tinggi dan lingkar kepala pun dalam kondisi berkembang yang baik.

Statistik :

Tinggi 71 cm, berat 8.6 kg

Imunisasi :

PCV tahap 3

Emosi :

Memori ingatan jauh berkembang, sudah bisa meniru dan bisa mengintepretasikan gerakan yang dimaksud melalui bahasa. Emosi Ifa sudah semakin jelas dapat dibedakan misalnya antara sedih saat ditinggal pergi, marah jika mainannya diambil atau berteriak senang lalu tersenyum lebar saat melihat ayah bunda pulang kerja.

Stimulasi :

Mengikuti keinginannya untuk bergerak dan mulai belajar berdiri. Pada tahap awal, untuk memancing keinginan Ifa berdiri, kami menggunakan mainan atau barang yang menarik buat Ifa yang diletakan sedikit lebih tinggi diatas Ifa. Sarana lain, Ifa diletakan di Box bayi yang memungkinkan dia aman untuk berlajar berdiri dengan sendirinya. Apabila tidak di Box, penting untuk dijaga tiap gerakannya tanpa harus membatasi pergerakannya. Ifa dibiarkan bebas bereksplorasi dalam pengawasan.

Achievement unlocked :

Ifa sudah bisa belajar berdiri sendiri walau masih banyak menggunakan otot lengan untuk mengangkat badannya. Andalan Ifa saat mau berdiri bisa apa aja, meja yang pendek, Kasur, kursi  bahkan badan ayahnya yang sedang tidur.

New item collection :

Boneka singa putih yang dikasih nama oleh ayah Ifa, Lion (baca: Lion).

Hobi :

  1. Masih dengan hobi lamanya yaitu makan barang yang dipegang.
  2. Merayap/merangkak mengejar semut hitam.
  3. Naik turun kasur.
  4. Misteri anggukan kepala Ifa dari arah dagu ke atas terkuak. Ternyata Ifa mengikuti alunan musik. Tampak sangat menikmati musik. Hahaha.
  5. Ikut menggerakan tangan apabila lagu ‘ning nang ning kung’ ciptaan Oma dinyanyikan.

I Love You Ifa..

Leave a Reply