Review Gendongan Bayi Part 2; ErgoBaby 360

Masalah pergendongan bayi masih belum tuntas, setelah mencoba Moby Baby Wrap, sepertinya aku masih ingin mencari gendongan yang lebih praktis cara pakainya namun tidak mengurangi kenyamanan seperti baby wrap. Banyaknya brand carrier yang ada dipasaran malah membuat aku semakin bingung menentukan carrier yang aman, nyaman buat aku dan Ifa. Berkat review top ten carrier yang aku lihat di Youtube dan bertanya dengan Om Google akhirnya, pilihan carrier jatuh pada carrier Ergobaby 360 four positions.

Ergobaby360 dan Ifa Wallpaper

Fitur

Ergobaby memiliki banyak tipe, yang terbaru (masa-masa aku mencari carrier) adalah Ergobaby 360 four position. Perbedaan yang paling mendasar antara Ergobaby basic dengan 360 adalah adanya posisi tambahan pada tipe 360 selain tiga posisi dasar menggendong bayi, yaitu posisi menghadap kedepan atau front facing. Carrier ini juga dapat digunakan untuk menggendong baby dari usia newborn sampai tiga tahun. Untuk menggendong bayi dibawah usia lima sampai enam bulan (tergantung besar bayi), diperlukan infant insert yaitu fitur tambahan Ergobaby 360, berbentuk seperti kepompong yang memiliki bantal tambahan agar posisi bayi lebih tinggi dan memberi perlindungan extra untuk newborn.

Ergobaby360 dan Ifa

Experience

Ifa pertama kali digendong menggunakan Ergobaby sejak berumur tiga bulan dan sampai sekarang belum ada keluhan. Ergobaby membagi secara merata dibagian kedua bahu dan punggungku sehingga badan tidak terasa pegal walaupun sudah menggendong Ifa dalam waktu yang lama. Kedua pad nya yang tebal dan lentur membuat bahu leluasa bergerak dan tidak sakit.

Struktur Ergobaby nyaman buat bayi karena mampu menopang tulang punggung serta mampu memposisikan kaki bayi seperti kaki katak/frog leg bukan lurus menggantung. Posisi frog leg membuat tumpuan berat bayi tidak berada pada tulang pinggul, sehingga bayi tidak merasa pegal dan yang paling utama posisi ini dapat menghindari terjadinya pertumbuhan tulang pinggul yang salah atau hipdysplasiaBerikut ini gambar posisi menggondong bayi yang disarankan.

Posisi Menggendong Bayi dengan Carrier

 

Ergobaby360 dan Ifa posisi front facing

Ergo ini sangat bermanfaat buat aku yang lebih banyak memilih menggendong Ifa saat berjalan-jalan (stroller nya tidak laku ha ha ha). Apalagi dari sisi mobilitas kami lebih sering menggunakan motor, sehingga carrier menjadi hal yang wajib. Kelebihan selanjutnya adalah carrier ini praktis dibawa-bawa terlebih lagi untuk travelling. Seperti pendahulunya, ergo tipe ini juga memiliki penutup kepala yang dapat digunakan untuk melindungi bayi dari angin atau sinar matahari saat kita berjalan kaki atau naik motor. Penggunaan ergo memberikan ketenangan karena aku lebih dekat dengan Ifa dan sudah pasti Ifa terawasi dengan baik.

Perawatan

Perawatan Ergobaby 360 ini juga sangat mudah, apalagi untuk aku yang rada pemalas ini, bahannya yang terbuat dari kanvas memungkinkan untuk dicuci dalam mesin cuci. Salah satu kekurangan yang cukup terasa yaitu tidak ada kantong yang dapat dipakai untuk menaruh dompet dan pernak pernik lainnya. Selebihnya dua jempol untuk Ergobaby 360.

Ergobaby 360 four position untuk Ifa aku beli di Mothercare, berwarna black/camel karena saat itu tidak ada pilihan warna lain. Sedangkan untuk infant insert dibeli terpisah ia online di Tokopedia bertema galaxy grey.

Review Gendongan Bayi Part 1; Baby Wrap

Review Gendongan Bayi Part 3; Suppori

 

10 Replies to “Review Gendongan Bayi Part 2; ErgoBaby 360”

  1. itu difoto ifa usia brp mba?

    1. Hai Sukma..
      Di foto Pertama dan kedua usia Ifa baru 4 bulan, waktu itu kita lagi travelling ke Palembang.
      Di foto ketiga, Ifa digendong hadap kedepan itu usia 7 bulan, waktu kita travelling ke Surabaya.

  2. Hai mbak.. salam kenal saya reny.. mbak, ifa pertama pake umur 3 bln ya.. perlu pake insert ga?

    1. Salam kenal juga Mba Reny,
      Iyaaa.. Ifa udah aku gendong pake ergo sejak umur 3 bulan dan menggunakan infant insert.
      Kalau rekomendasi ergobaby nya infant insert bisa digunakan untuk newborn.
      Setelah usia Ifa 5 bulan, dimana kondisi tubuhnya sudah agak kuat dan tegak, baru aku lepas infant insert nya.. 🙂

  3. Halo mba, kalau sedang duduk gimana ya posisi bayi nya? Apa harus berdiri terus? Karena kaki nya kan jadi nekuk sekali kalau kita sedang duduk

    1. Hai Ditsza, Salam kenal..
      Apabila kita yang gendong bayi harus dalam posisi duduk biasanya aku yang berusaha duduk tegak agar bayi tidak terjepit, kaki bayi agak diluruskan ke belakang (bila posisi bayi menghadap kita ya) dan sebaliknya, bayi sebenernya nyaman aja selama tidak ada posisi yang aneh-aneh.
      Hanya saja kalau sekiranya kita memang mau duduk lama misalnya waktu makan, aku biasa lepas dulu carriernya, minimal bagian bahu dan kaitannya. Nanti kalau sudah selesai tinggal perbaiki posisi gendongan dan kaitan di bagian bahu. Praktis kok, kalau sudah biasa, malah lebih enak daripada bawa-bawa stroller 😀

  4. Hay mom, aku baru banget beli nih baby ku umur nya baru mau jalan 5 bulan.. Tanpa insert sudah bisa belum yah?

    1. Haai Mom, salam kenal.. Ifa di umur 5 bulan sudah nda pakai infant insert lagi. Tapi tolong dipastikan kondisi fisik dede nya sudah siap atau belum ya, Mom. Kalau fisik dede masih belum cukup besar (kalau nda pakai infant insert masih terlihat agak tenggelam, atau kondisi tulang punggungnya masih belum kuat benar) sebaiknya masih dipakai dl infant insert nya. 😀

  5. Hai mom..
    Beli ergo babynya ini di mana ya?? Trus harga belinya berapa?? Soalnya takut kalo beli dapat yang kw,, terimakasih 🙂

    1. Hai Mom, Salam Kenal ^^
      Dulu aku belinya di Mothercare. Waktu beli harganya 2,5jt (tahun 2015), kebetulan punya voucher hadiah jadi total yang aku bayar 2,1 jt. Pas awal-awal ga ada pilihan warna selain yang hitam (versi black/camel), tapi sekarang versi yang berwarnanya udah banyak di Mothercare. Kalau yang asli biasanya bahannya lebih tebal dan bagian penahan pantat dan paha bayinya tetap kokoh saat menggendong bayi. Ifa sekarang udah 29 bulan terkadang masih aku gendong pakai Ergobaby :D. Owh ya Mom, sekarang udah ada Ergobaby yang ada tambahan hipseat nya. Coba nanti cek dan ricek dulu ke Mothercare.
      Semoga Membantu, Happy Motherhood..
      mesayurini

Leave a Reply