Review Playhouse Haenim HN705

Masih seputar Ulang tahun Ifa. Taraaa.. la.. la.. ini dia sebuah Playhouse Haenim HN705. Terima kasih untuk teman-teman Grup Emak Busui Kece yang sudah mengabulkan wishlist kado Ultah Ifa yang Pertama, (baca: wishlist Bunda Ifa ^^).

Ide playhouse ini tanpa sengaja didapat sewaktu aku membaca artikel tentang melatih motorik dan kreatifitas anak. Ilustrasi pada bacaan tersebut ada sebuah foto anak-anak yang sedang bermain masak-masakan dengan miniatur kitchen set. Pada gambar itu terlihat anak-anak seolah-olah sedang berperan sebagai koki. Berawal dari sana akhirnya terpikir untuk membuat playground indoor buat Ifa untuk melatih motorik dan kreatifitasnya melalui peran yang bisa dimainkan dengan rumah dan perlengkapannya. Dimulailah project rumah Ifa.

Setelah browsing, awalnya aku tertarik dengan Picnic Patio dari Little Tikes, tetapi karena harganya sudah out of budget, akhirnya dicari alternatif lain yang serupa. Pilihan jatuh ke Haenim, salah satu produsen mainan asal Korea, dan kebetulan sekali Haenim mengeluarkan tipe yang mirip dengan Picnic Patio Little Tikes. Jadilah Haenim rumah Ifa yang pertama ^^.

Fitur Playhouse Haenim HN705

Playhouse Haenim keluaran Korea ini berukuran 1050 x 970 x 1190 mm. Satu  paket playhouse ini terdiri dari bagian-bagian seperti layaknya rumah yaitu atap, dinding, pintu, meja, kursi, pondasi rumah, serta ring-ring atau plastik gear untuk menggabungkan sambungan antar bagian playhouse sewaktu dirakit.

Perakitan dilakukan oleh ayah Ifa dan menurutnya proses perakitan mainan ini termasuk mudah karena dipandu dengan buku manual yang dilengkapi dengan gambar yang jelas untuk setiap langkahnya. Bagian-bagian playhouse yang tergolong besar juga memudahkan proses perakitan. Secara garis besar hanya menyatukan bagian-bagian mainan dan dikunci dengan ring, khusus bagian kursi ada tambahan onderdil yaitu sejenis mur untuk mengencangkan sambungan kaki kursi dengan alas duduknya.

Proses Merakit Playhouse Haenim
Onderdil

Playhouse tipe HN705 sendiri sebenarnya memiliki dua pilihan warna yaitu hijau daun kombinasi coklat dan coklat tua kombinasi coklat muda. Pada bagian dalamnya ada mainan seperti gear yang bisa diputar-putar dan Ifa suka banget sama mainan ini. Pada sisi kanan rumah terdapat meja dan dua buah kursi. Sebelah kirinya, ada jendela yang bisa dibuka tutup.

Dari sisi bahan, mainan ini terbuat dari bahan plastik yang cukup tebal, kuat, kokoh dan tidak berbau, untuk segi warna juga cerah dan menarik. Aku memilih warna kombinasi hijau dan coklat karena tampak lebih ceria dan lebih pas untuk anak-anak. Hanya saja ada beberapa bagian rumah yang lecet yang mungkin terjadi karena gesekan saat packaging dan proses pengiriman.

Haenim Tampak Samping dan Depan
Haenim Tampak Dalam
Haenim dan Kursi Piknik

Meja piknik ukurannya cukup luas dan dapat digunakan oleh dua kecil untuk makan bersama. Sedangkan kursinya dapat menahan beban sampai dengan 25kg. Sepertinya perlu ditambah anti-slip pada bagian kaki kursi agar tidak licin. Pada bagian depan rumah, digantungkan tulisan “Rafifa” supaya tampak lebih cantik. Bagaimana reaksi yang punya mainan? Sejak proses perakitan sampai rumahnya jadi, Ifa antusias tepatnya antusias buat gangguin ayah yang sedang merakit ^^. Ifa sudah tampak girang sejak kotak kardus mainan mulai dibuka dan dibongkar, maunya setiap bagian dipegang sama Ifa karena penasaran ingin tahu hahaha.

Haenim Tampak Depan

Where to Buy?

Mencari Playhouse Haenim ini ternyata tidak mudah, dua toko online yang menjadi andalan ternyata sudah tidak memiliki stock, sedangkan tokopedia tidak menjadi alternatif yang bagus karena ongkos kirim dihitung dengan berat barang yang dipatok sekitar 35 – 50kg, sehingga total barang jadi lebih mahal. Sampai akhirnya dapat stock barang dari toko online sweetmomshop. Mainan ini dijual dengan harga 2,2 juta dengan ongkos kirim sebesar 200 ribu dan dikirim dihari yang sama dengan waktu pemesanan.

Secara keseluruhan, aku suka dengan mainan ini, dan mainan ini berhasil memecah rekor anti-bosan karena sampai sekarang Ifa masih suka main di dalamnya. Mulai dari keluar masuk rumah, merambat di sisi dinding rumah untuk menggerakkan gearmembuka dan menutup jendela atau sekedar mengajak main cilukba melalui jendela. Sebagai latihan motorik biasanya Ifa aku ajak untuk mengambil barang dari dalam rumah dan memberikannya ke aku yang menanti di sisi jendela. Dan mainan ini sepertinya menjadi jajanan awet karena bisa digunakan sampai usia anak 6 tahun. Ukurannya yang cukup luas juga memungkinkan ukuran orang dewasa (standar) dapat duduk di dalamnya.

Next project rumah Ifa berlanjut ke kitchen set (bundanya nabung dulu).

 

Leave a Reply