Top 10 Kosakata Ifa (Usia 1 Tahun)

Ifa.. setiap hari bertambah lucu, setiap hari bertambah pintar, setiap hari semakin buat Ayah Bunda kangen.

Ifa termasuk bayi yang ceriwis. Sejak usia 10 Bulan, Ifa sudah mulai mengeluarkan celotehan walaupun banyak yang belum jelas. Diusia Ifa yang genap 1 tahun. Keinginan Ifa untuk berkomunikasi secara verbal semakin tampak terlihat.

Saat ingin berkomunikasi, Ifa dapat memperlihatkan ekspresi bertanya yang diiringi gerakan tangan menunjuk mengenai benda yang ia temui atau ia pegang. Rasa ingin tahu Ifa tidak mudah hilang begitu saja sampai apa yang Ifa maksud tersampaikan. Benar-benar pejuang sejati hahaha. Tidak jarang terkadang Ifa tampak seolah-olah berusaha menjelaskan apabila yang ia maksud belum tersampaikan diiringi dengan semakin membulatnya mata Ifa dan kata-kata ceriwis yang belum jelas artinya semakin banyak yang keluar.. duh lucunya hahaha

Nah berikut ini Top 10 Kosakata Ifa diusia 1 tahun yang sering didengar oleh duo pendekar :

  1. Mamam/Mam. Celotehan perdana Ifa berarti Ifa melihat sesuatu yang bisa ia makan, atau bisa pula berarti Ifa lapar dan ingin makan. Untuk aktivitas minum, Ifa juga akan mengeluarkan kata-kata ‘mam’. Jadi kami harus usaha untuk bisa membedakan apakah Ifa mau makan atau minum. Biasanya kalau disela sesi makan Ifa ingin minum, dia akan memberikan sinyal dengan menutup mulutnya saat disuapkan makanan.
  2. Mamak (lafal penyebutan pake ‘K’). Kata yang dipakai buat memanggilku (saat ini). Kata ini dengan jelas dilafalkan Ifa. Diluar harapan dan entah belajar dari mana. Mungkinkah insting? hahaha. Sepertinya aku harus lebih bersabar sampai Ifa sadar kalau aku mengharapkan dipanggil ‘Bunda’.
  3. Bapak (lafal penyebutan pake ‘K’). Setali tiga uang dengan ‘Mamak’. Sebutan ini ditujukan untuk pendekar jagoan. Harapannya Ifa memanggil pendekar jagoan dengan ‘Ayah’. Sementara bersabar dulu ya, Darl. Adil sekali ya kamu, Nak. Satu Mamak, satu lagi Bapak hahaha.
  4. Nenen/Nen. Kata sakti yang membuat Bundanya nda bisa nolak. Artinya, Ifa mau nenen alias menyusu. Kata-kata ini sering keluar saat Ifa haus, mengantuk, atau sekedar mau manja-manjaan. Tidak jarang saat mau nenen Ifa akan meminta dengan senyuman manis yang bikin Bunda nya luluh (so sweet..) sambil tangannya menarik-narik pakaianku.
  5. Taca. Panggilan buat Onty Tasha, adikku. Diantara nama-nama yang harus dipanggil justru nama ini yang pertama kali keluar dan membuat bunda serta oma Ifa Iri hahaha.
  6. Ndat. Kata yang artinya menjadi misteri. Terkadang pertanyaan apa aja dijawab sama kata ‘ndat’. Itu maksudnya apa ya, Nak?
  7. Mbeeem. Kata yang berarti ‘Mobil’. Kalau Ifa ingin naik mobil, Ifa akan mengeluarkan kata ‘Mbeem’ sambil menunjuk hook tempat ayah menggantungkan kunci mobil.
  8. Blebleble. Kata biasa terdengar dikala Ifa melamun atau mengoceh sebelum mata nya terpejam tidur. Ritual sebelum tidur ini akan diiringi dengan Ifa mengaitkan jari-jarinya membentuk kepalan, bertepuk tangan, lalu mengusap-usap matanya. Ini moment yang aku suka tunggu, memperhatikan Ifa yang sibuk sendiri lalu tertidur. Lucu sekali hahaha.
  9.  Oma. Akhirnya Ifa perlahan sudah bisa memanggil neneknya dengan sebutan ‘Oma’. Setiap kali sampai depan pagar rumah nenek, selain menyebut ‘Taca’, Ifa juga sudah bisa bilang ‘Oma’.
  10. Anyah. Kata yang biasa digunakan Ifa kalau mau sesuatu diluar jangkauan dia. Kata ini akan keluar dari mulut mungil Ifa berulang-ulang sembari diiringi dengan matanya yang membulat penuh semangat serta jari yang menunjuk apa yang dimaksud Ifa.

Ayah Bunda menantikan kosakata baru Ifa dengan penuh semangat, nak. Tumbuh besar, sehat dan soleha yaa, Nak.

Leave a Reply