Mesayu Tips; Makanan Pelancar ASI (Booster ASI) Part 2

Cover Makanan Booster ASI mesayurini

Dua bulan lalu tepatnya Januari 2019, aku; pendekar isteri alhamdullilah melahirkan pendekar jagoan jr. yang lucu sekali. Selama dua bulan ini juga, aku menyusui Apip Jagoan Jr.. Pengalaman menyusui Nona Ifa menjadi pembelajaran berharga sekali sehingga proses menyusui kali ini dapat dimulai dengan perasaan yang lebih tenang daripada dahulu.

Niat mengulang kesuksesan menyusui sampai lulus S3, aku berusaha menjaga asupan makanan agar makanan yang masuk dapat menambah produksi ASI.

Berikut ini beberapa makanan yang menjadi andalan aku sebagai booster atau pelancar ASI menyusui Apip:

Buah-buahan

Jeruk
Jeruk

Buah-buahan apalagi yang mengandung banyak air dapat membantu memperlancar ASI. Buah-buahan yang menjadi aku konsumsi untuk ASI adalah jeruk, mangga dan semangka, selain enak, buah-buahan tersebut mengandung vitamin C yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh setelah melahirkan. aku biasa mengkonsumsi buah ini untuk sarapan dan cemilan sore.

Granola, oatmeal dan almond

Overnight Oats

Golongan biji-bijian ini juga menjadi andalan aku, selain mudah penyajiannya biasanya dengan overnight oats/granola, rasanya juga enak dan penyajiannya tidak ribet. Biasanya setelah konsumsi ini, payudara akan terasa cepat penuh. Segelas Quaker coklat ditambah lagi dengan 5 sendok oatmeal diseduh dengan air panas juga menjadi andalan aku untuk sarapan pagi apabila tidak sempat mempersiapkan overnight oats/granola.

Protein

Chicken Cordon Bleu santanpan saat Liburan Keluarga

Berhubung aku melalui persalinan secara caesar, maka asupan protein menjadi semakin penting, selain untuk memperlancar ASI,
protein juga dapat membantu penyembuhan pasca operasi. Asupan protein kesukaan aku adalah ikan dan ayam. Ayam atau ikan dan dapat diolah dengan digoreng, ditim atau dibuat steak (kalau ini ke resto aja ya mendingan hahaha). Selama 40 hari pertama pasca melahirkan, aku sering di-supply masakan ayam kampung jahe oleh mama tercinta. Katanya makanan tersebut dapat menghangatkan badan. Makanan ini akan membuat badan terasa hangat, tidur terasa lebih nyenyak (walaupun terkadang hanya merem 1-2 jam saja), dan ASI pun langsung mengucur deras saat di pompa :D.

Sayuran

Yummy Healthy Juice

Sayuran merupakan makanan yang paling mudah dicari dan juga punya banyak cara pengolahannya. Sayuran yang aku konsumsi untuk menambah produksi ASI adalah bayam, daun katuk, wortel, labu siam, bunga pepaya dan pare. Bayam atau daun katuk biasa dimasak bening, labu dan wortel biasa dijadikan lalapan, bisa juga di tumis. Menu favorite tumisan aku yaitu labu tumis rebon dan pare tumis ikan asin plus potongan tempe. Variasi lain sayuran tersebut diblender, misalnya pare, wortel dan perasan air lemon. Sebaiknya ibu menyusui tidak mengkonsumsi sayuran yang mengandung gas (brokoli, kembang kol, dan kubis ).

Pare bisa berkhasiat untuk memperbanyak kuantitas ASI, dulu saat menyusui Nona Ifa, segelas jus pare, wortel dan perasan lemon per hari menjadi booster ampuh. Tapi kali ini karena ASI sudah cukup buat Apip, pare tidak aku blender jadi minuman tetapi hanya dimasak jadi lauk makan nasi saja. Untuk busui berdarah rendah, tidak disarankan mengkonsumsi pare yaa.

Susu

Susu dapat menambah asupan kalsium yang juga diperlukan untuk ibu menyusui. Awalnya, aku mengkonsumsi susu UHT full cream. Sayangnya, jagoan jr. alergi, terpaksa konsumsi susu ini dikurangi dan kalau sedang ingin minum susu, aku menggantinya dengan susu skim yang rendah lemak. Tiga minggu pertama setelah pulang dari rumah sakit aku mengkonsumsi susu UHT full cream sehari 2 kali. Efeknya ASI jadi lebih kental dan Apip lebih cepat kenyang kalau menyusui, sepertinya karena efek lemak dari susu. Sayangnya, susu terpaksa aku coret dari daftar booster ASI setelah sadar bahwa Apip alergi terhadap susu.

Makanan Kesukaan

Makanan lain yang menjadi kesukaan. efeknya apa yaa? kalau menurut aku dengan makan makanan kesukaan maka secara tidak langsung akan meningkatkan kebahagiaan. Rasa bahagia akan memicu hormon oksitoksin atau hormon bahagia yang merupakan salah satu hormon pengendali ASI. Makanan kesukaan aku salah satunya adalah sop iga atau pasta.. hmm maknyuuss. Asupan lemak bagi busui kalau menurut aku berasa sekali untuk kualitas ASI, jadi tidak ada salahnya mengkonsumsi makanan favorite yang berlemak.

Kacang Hijau dan Susu Kedelai

Asupan lainnya yang aku konsumsi untuk pelancar ASI Apip adalah kacang hijau dan susu kedelai. Dua gelas kacang hijau atau susu kedelai per hari. Kacang hijau diolah dengan direbus sampai lembut lalu ditambahkan air gula merah. Sedangkan susu kedelai aku olah dengan menggunakan soya maker, agar praktis dan efisien. Lalu tinggal ditambah gula pasir sesuai selera. Menu ini biasa aku selang seling, misalnya tiga hari kacang hijau, lalu 3 hari susu kedelai agar tidak terasa bosan.

Stock ASIP Apip setelah 2 minggu

Booster atau pelancar ASI ini menurut aku cocok-cocokan yaa. Booster ASI saat menyusui Nona Ifa juga agak berbeda dengan saat menyusui Apip. Makanan serupa dapat manjur menjadi booster/pelancar ASI untuk sebagian busui tetapi mungkin juga tidak berhasil untuk busui yang lainnya.

Bagaimana dengan pengalaman Bunda? Makanan apa saja yang menjadi booster atau pelancar ASI, Bunda.

One Reply to “Mesayu Tips; Makanan Pelancar ASI (Booster ASI) Part 2”

  1. 活到老,学到老,认真拜读咯!

Leave a Reply