Delivering (melahirkan) The Baby Apip; Part 1

Cover Delivering The Baby Apip Part 1

Januari 2019 aku melahirkan seorang bayi laki-laki lucu yang kami beri nama Rafif; Captain Apip. Jika sesuai jadwal HPL (Hari Perkiraan Lahir) seharusnya Captain Apip lahir pada tanggal 9 Januari 2019; tanggal cantik untuk delivering the baby. Tetapi, ternyata Captain Apip punya cerita dan kemauan sendiri.

Kehamilanku yang kedua sama menyenangkan dengan kehamilan pertama, aku masih dapat bekerja tanpa hambatan, beraktivitas, mengajak Nona Ifa bermain, berolah raga, tidur nyenyak, bahkan sampai dengan kehamilanku berusia 8 bulan, aku masih menggendong Nona Ifa yang saat itu berusia 3 tahun. Selama dalam kandungan, Captain Apip termasuk aktif dan sering aku dapat gerakan-gerakan perutku.

Injeksi Venofer

Tiga minggu menjelang HPL, aku dirujuk untuk melakukan test darah untuk kehamilan. Hasilnya HB aku tergolong rendah yaitu berada diangka 5. Secara minimal HB wanita hamil apalagi berencana menjalani operasi caesar adalah 10, idealnya di 12 – 16. Wah kok bisa? Anehnya aku juga sama sekali tidak merasa lelah atau pusing, mungkin karena tidak terlalu dirasa. Alhamudillah, ada jalan masalah kurang darah ini terdeteksi dan dokter juga menyatakan tidak ada masalah dengan perkembangan bayi dalam perutku, sehat dan tidak kekurangan berat badan.

Untuk meningkatkan HB dalam waktu singkat aku diharuskan melakukan 3 kali injeksi venofer. Tiga injeksi infus venofer dilakukan sehari sekali, dan sekali injeksi infus membutuhkan waktu 1 – 1,5 jam, tergantung daya tahan tubuh menerima seberapa deras aliran venofer yang masuk ke tubuh. Alhamdullilah, 3 hari sebelum HPL, hasil HB ku sudah mulai jauh membaik.

Jadwal Melahirkan Caesar

Sama seperti anak pertama, aku akan melahirkan secara Caesar, tetapi aku ingin menunggu sampai terasa kontraksi dan memang ada sinyal bayi ingin dilahirkan. Why? walaupun aku tidak dapat melahirkan secara normal, aku ingin merasakan kembali rasanya kontraksi dan kami; duo pendekar memberikan hak untuk bayi kami menentukan kapan dia akan dilahirkan.

Tanggal 26 Desember 2018, dokter kandungan kesayangan kami, dr. Yusfa Rasyid, Sp.OG menawarkan untuk menjadwalkan operasi Caesar, karena saat itu beliau berencana untuk cuti keluar negeri dan baru akan praktek lagi pada tanggal 9 Januari 2019 (sesuai dengan HPL Captain Apip). Kami tetap memilih untuk menunggu sampai Captain Apip ingin dilahirkan, sambil berharap bayi lucu ini akan lahir di tanggal HPL nya. Akhirnya dr. Yusfa Rasyid, Sp.OG memberikan surat rujukan untuk konsultasi/control ke dr. H. Sutan Finekri Abidin, SpOG, sebagai dokter pengganti selama beliau cuti. Bersambung..

One Reply to “Delivering (melahirkan) The Baby Apip; Part 1”

  1. […] Delivering The Baby Apip; Part 1 […]

Leave a Reply