Tanda Bayi Cukup ASI

Cover Tanda Bayi Cukup ASI mesayurini

Sudah memiliki anak kedua bukan berarti aku ahli mengurus bayi lagi. Jujur saja dengan perbedaan jarak usia Nona Ifa dan Captain Apip yang hampir 4 tahun ini, aku sudah banyak lupa bagaimana merawat bayi, apalagi sekarang harus menghadapi pengalaman mengurus balita dan newborn.. Semangat!!!

Kekhawatiran awal setelah melahirkan biasanya adalah ASI, apakah nanti ASI nya nanti lancar? apakah nanti ASI nya mampu mencukupi kebutuhan Apip sampai dengan 6 bulan kedepan atau bahkan sampai dengan 2 tahun kemudian? Apakah Apip minum cukup ASI? Apakah ASI yang diminum cukup untuk nutrisi pertumbuhannya? Bingung kan?? Belum lagi, makhluk mungil lucu yang disusuin ini belum bisa berbicara, jadi ga bisa ditanya.. “Nak, apakah kamu sudah kenyang?” Lalu dijawab Apip.. “Tentu saja sudah, Bund” (yaa iyaa, apa yang terjadi kalau bayi lahir langsung bisa bicara..?? hahaha..

Saat payudara terasa kencang lalu aku menyusui Apip, setelahnya payudara akan terasa rileks dan kosong, dapat dikatakan bahwa Apip sudah minum ASI, tetapi apakah ASI yang diminum Apip cukup jumlahnya? Kalau tidak cukup, berarti bayi tidak kenyang, kalau tidak kenyang berarti bayi nangis dong? Kalau kebetulan bayi lebih suka tidur daripada menangis, gimana? Atau sebaliknya kalau justru bayi sudah kenyang tetapi sering menangis? Bagaimana caranya tahu bahwa memang bayi cukup ASI.

Waktu Apip kontrol pertama 3 hari setelah pulang dari rumah sakit (waktu itu Apip diharuskan untuk kembali kontrol bilirubin), aku sekalian berkonsultasi ke DSA nya Apip, kira-kira kalau Apip cukup ASI itu tandanya apa yaa? Berikut tanda bayi cukup ASI :

Ganti Popok mesayurini

Pipis atau Ganti Popok Minimal 6 Kali Sehari

Untuk menghitung Apip pipis lebih dari 6 kali sehari, aku disarankan menggunkan popok kain. Dengan menggunakan popok kain maka, akan segera diketahui apabila bayi pipis. Cara ini juga sangat berguna untuk bayi yang tetap lelap tidur walau sedang pipis. Awalnya aku mengikuti saran menggunakan popok kain, tetapi hanya bertahan 3 hari, karena tumpukan cucian popok Apip lebih cepat menumpuk daripada sinar matahari di Bulan Januari.. nyerah deh, akhirnya kembali menggunakan popok sekali pakai. Untuk mempermudah monitoring pipis Apip *halag* maka aku memilih popok sekali pakai yang memiliki garis indikator pipis.

BAB Berwarna Kuning Cerah dan Encer

Tanda bayi cukup ASI lainnya yaitu BAB harus berwarna kuning cerah dan teksturnya tidak padat alias encer. Bayi ASI di minggu-minggu pertama akan sering BAB. aku sempat khawatir Apip kena diare karena setelah Apip teratur minum ASI, Apip malah sering BAB, setiap ganti popok, selalu ada feses seperti cepirit berwarna kuning. Ternyata, itu normal pada awa-awal menyusui bayi ASI akan sering BAB dengan warna kuning cerah dan encer. Selanjutnya, ada kalanya bayi ASI tidak BAB sampai 5 hari maksimal 10 hari.

Bayi Tertidur Pulas Setelah Menyusu

Apip Bobo Setelah Nenen

Kebetulan Apip termasuk bayi yang tenang dan terjadwal. Selepas menyusui, Apip akan langsung tertidur dan baru bangun lagi 2 – 3 jam kemudian untuk menyusui lagi. Kalau Nona Ifa, kakaknya agak sedikit berbeda, karena walaupun sudah menyusui, Nona Ifa baru akan tidur apabila digendong. Menurut DSA, tidak selamanya bayi menangis karena lapar, bayi bisa saja menangis karena ingin digendong karena merasa tenang dekat dengan ibunya, atau merasa sakit, tidak nyaman dan lain halnya. Jadi menangis tidak dapat dijadikan patokan bahwa bayi lapar atau asupan ASI kurang.

Berat Bayi Bertambah

Bayi yang cukup ASI beratnya akan bertambah 400gr – 1kg setiap bulannya. Tanda ini baru akan diketahui saat melakukan kunjungan ke dokter untuk imunisasi. Alhamdullilah, kunjungan bulan pertama dan kedua Apip ke dokter menunjukkan peningkatan berat badan masing-masing naik 1 kg. Sekarang di usia 2 bulan, berat Apip sudah 6 kg. Hepi bangeeet.

Payudara Terasa Releks dan Kosong setelah Menyusui

Sebelum menyusui dan payudara memproduksi ASI, maka payudara akan terasa sangat kencang. Bahkan apabila Apip tertidur pulas dan melewatkan jadwal menyusui, payudaraku akan terasa tidak nyaman. Apip akan aku bangunkan untuk menyusui lalu bila masih terasa kencang setelah Apip menyusui maka aku lanjutkan dengan sesi pumping. Lumayan hasilnya buat menambah stock ASIP dan menjaga produksi ASI.

Leave a Reply